Sekedar share tentang hikeplan atau dalam bahasa Jawanya rencana pendakian  kalau dalam Bahasa Inggrisnya munggah gunung. haha..

Seperti yang teman-teman tahu atau mungkin harus tahu adalah, mendaki gunung adalah salah satu kegiatan yang tergolong tidak mudah, bahkan resiko paling kecil dari naik gunung adalah flu akibat kedinginan, atau kesleo, resiko besarnya mungkin bisa patah tulang karena jatuh atau bahkan meninggal akibat kedinginan atau yang lebih dikenal oleh pencinta alam hipotermia. Bukan bermaksud menakut-nakutin teman-teman sekalian, tapi itulah adanya.

Sebagian besar kematian di gunung bukan karena terjatuh ke jurang, tapi akibat kedinginan. Tapi kematian itu takdir Tuhan yang menentukan, kita tidak akan membicarkan bagaimana kematian itu menjemput kita. Tapi sebagai pemuda dan pemudi Indonesia yang memiliki kekuatan dan semangat, kita tidak pantas mati ditempat tidur. kita lebih baik diasingkan dari pada menyerah pada kemunafikan. ya gak.?

begitulah Soe Hok Gie memotivasi kita.

Rencana pendakian adalah salah satu hal yang harus kita siapkan sebelum kita terjun ke medan perang. Agar kita nantinya tidak menyesal ketika sesuatu yang tidak kita inginkan terjadi pada kita. Karena penyesalan itu selalu datang terlambat, kalau dateng duluan mah namanya pengumuman.. Berikut adalah yang perlu dipersiapkan dalam sebuah pendakian. yang biasanya saya buat dan saya berikan kepada seluruh anggota tim yang akan turut dalam pendakian.

Expedisi 
Bagian ini sebagai basabasi atau sekedar ucapan terimakasih kepada teman-teman yang bersedia meluangkan waktunya untuk menadaki bersama, meskipun ada yang rela ambil cuti kerja, atau bolos kerja, atau bolos kuliah. haha
Rencana Keberangkatan. 

Tentukan kapan kalian akan berangkat dan kapan pulang, tentukan juga waktunya. Gunakan waktu ontime untuk keberangkatan dan waktu paling molor buat pulang. kenapa karena manusia itu cendrung ontime pada saat pulang dan cendrung molor pada saat dateng.. ngertikan maksudnya.. 😀

 

Lalu tentukan pula meeting point pertama, meeting point pertama ini sebagai cek semua anggota dan perlengkapan yang dibawa. jika ada yang kurang dari anggota atau perlengkapan bisa dilengkapi sebelum kalian pergi. kan gak lucu ketika sudah sampai basecamp ternyata si udin ketinggalan.

Tanpa persiapan dan perhitungan yg baik dan cermat, pendaki akan kesulitan untuk mengontrol jumlah logistik serta peralatan yg harus dibawa.
RENCANA PENDAKIAN.
Setelah urusan dirumah selesai, lantas buatlah rencana pendakian.Rencana ini meliputi, kebarangkatan dari basecamp jam berapa, estimasi perjalanan dari basecamp  ke pos 1 berapa lama, dari pos 1 ke pos 2 berapa lama, dst. lantas rencakan pula kalian akan ngecamp di daerah mana.  Untuk merencakan ini diperlukan seseorang yang sudah pernah melakukan perjalanan ke tempat yang ingin didaki. atau jika tidak cobalah lakukan studi pustaka, mencari tahu kondisi dan jalur yang akan di daki. jangan lupa rencakan pula kapan kalian akan summit attack dan kapan turun ke basecamp.Persiapkan pula logistik untuk turun gunung di waktu paling molor. Untuk mengantisipasi kekurangan logistik, terutama air. Silahkan bagi anggota yang punya kegiatan lain selain pendakian tsbt harap di tunda dulu atau di cancel.. karena saya selau tidak ingin ada anggota yang di kejar2 waktu.. itu akan mempengaruhi mental anggota yang lain.. ^^
PERJALANAN

Rencakan perjalanan kalian apakah menggunakan kendaraan roda dua, atau roda 4, atau naik kereta,.. jika Kendaraan roda dua pastikan kondisinya dalam keadaan siap untuk untuk jalan mendaki, serta jika boncengan pastikan juga nyaman dan aman. karena kalian membawa perlengkapan,. jangan sampe pegel2 duluan akibat perjalanan. ntr malah gak jadi ndaki.

 

Jika kalian menggunakan transportasi umum, pastikan tiketnya udah dipesan untuk pulang dan perginya. dan pastikan pula terdapat transportasi yang akan membawa kalian dari rumah sampai ke basecamp, atau dari stasiun kreta ke basecamp. jangan sampai ketinggalan kereta, ataupun harus berjalan karena tidak ada kendaraan yang membawa kalian dari stasiun ke basecamp. kan kasian kalau harus jalan kaki.

Anggota Yang berangkat. 
Buatlah list anggota yang berangkat. Kalau saya menerapkan sistem minimal 2 orang maksimal 8 orang yang berangkat, saya tidak akan membawa lebih dari 8 orang untuk suatu kegiatan pendakian. Semakin banyak orang semakin sulit untuk memanage logistik dan timing. aturan lainya adalah Maksimal 4orang (1 tenda), jika 5 – 8 orang + 1 tenda lagi…. saya biasa membawa tenda kapasitas 4 orang, karena semakin besar tenda yang kalian bawa akan semakin sulit untuk mencari tempat ngecamp yang pas.. hehe
dan jika lebih dari 4 orang saya akan membagi menjadi 2 tim, misal 8 orang yang berangkat saya akan membagi menjadi 2 tim. 4 orang /tim yang masing2 di pimpin oleh orang yang sudah berpengalaman mendaki agar mudah koordinasinya.

 

Perhatikan Perlengkapan PRIBADI yang WAJIB saya dan anggota tim saya BAWA.

  1. Sleeping BAG..
  2. Sepatu dan sandal.
  3. Jaket
  4. Jas Hujan, disaran kan menggunakan model BATMAN (jika carier tidak memiliki Rain Cover). jas hujan model ini sangat sulit digunakan pada saat mendaki (bagian depan sering ke  injek2) tapi lebih nyaman karena mudah di gunakan dan dapat di gunakan sebagai alas, ataupun bivak darurat.. Boleh pakai jas Hujan EGOIS (jika carier memiliki raincover), jas hujan model ini sulit digunakan karena memerlukan waktu pemasangan yang relatif lebih lama dari pada jas hujan Model batman(kalau hujan mendadak repot).. tapi jas hujan model ini lebih nyaman digunakan untuk pendakian,, pergerakan tubuh lebih lues karena bentuknya mengikuti lekuk tubuh.
  5. Masker
  6. Matras
  7. Senter atau Headlamp, usakahan untuk membawa senter dengan cahaya kuning karena senter cahaya kuning lebih baik dari pada senter LED (cahaya putih) ketika menghadapi kabut.. kalau adanya LED, ya di bawa ajaa. yang penting ada senter, dan jangan lupa bawa batre + batre cadangannya..
  8.  Carir tau tas gede..yang penting muat untuk bawa perlengkapan pribadi dan makanan.. dan nyaman di gunakan..
  9. Obat-obatan pribadi.. Minyak angin, obat magh, fitamin dll. (DILARANG BAWA OBAT2n terlarang dan MINUMAN KERAS)
  10. Korek api gas (kalau bisa yang ada senternya) haha
  11. Perlengkapan makan, (1piring pelastik, 1 gelas pelastik, 1 sendok)
  12. 2 TRAS BAG gede (untuk melapisi carir ataupun untuk sampah nantinya),
  13. Plastik untuk melindungi barang2 berharga seperti HP kamera, dompet dll dari air hujan
  14. Sarung tangan
  15. Perlengakapan lainya yang sekitar dibutuhin misalnya kamera dll..
NB : semua perlengkapan yang akan dibawa tolong yang efektif dan efisien untuk hemat tempat dan tenaga.
PERLENGKAPAN /TIM
1. Tenda Dome, disaran kan memilih tenda yang double layer dan kondisinya baik dan layak digunakan. saya selalu membawa dome ketika pendakian meskipun itu cuma satu malam, sebab saya tidak ingin mengambil resiko di hempas bagai ketika saya tidak membawa dome, karena saya pernah terjebak bagai semalaman di puncak gunung lawu, dome lah yang menyelamatkan kami dari badai.
2. Kompor gas portble beserta 2 tabung gas penuh (untuk pendakian 2 hari 2 malm)
3. NESTING
4. Parafin
5. Pisau, gunting, tali,
6. Perlengkapan P3K (betadin, plaster, dll)
7. TISU kering dan tisu basah.
8. Garam 1 Bungkus kecil.
PERLENGKAPAN tambahan yang sekiranya mungkin di butuhkan:
Perlengkapan Survival
1. Cermin
2. jarum jahit + benang.
3. lilin
4. Peniti
5. Pisau lipat
Perlengkapan yang MUNGKIN perlu dibawa
1. LEM ALTECO.. kalian belum pernah ngerasain sepatu dan sendal kalian kelaperan waktu digunung kan. #sayapernah
2. Buku catatan
3. Pena
LOGISTIK, yang ada disini untuk pendakian 3hari 2 malam..
1. minimal 5 bungkus Mie Instan / Orang..
2. 2 botol Aqua gede, + 1 botol aqua kecil /orang
NB  : Masing2 TIM tolong tambah 2 botol  aqua gede lagi.. Jadi total ada 10 Aqua botol gede + 4 Aqua Botol kecil  setiap TIM 
kalau mau bawa 3 botol aqua gede perorangnya dipersilahkan.. 
3. Snak dan roti2an untuk cemilan di jalan ataupun di tenda /orang
4. Minuman sedu Semacam Susu, kopi, teh, jahe wangi,  dll.. minimal 3/orang
5. Madu rasa atau gula merah atau coki2 /orang
6. Beras minimal 1 botol aqua kecil / tim
7. Kalau mau bawa telur atau nuget silahkan tapi jangan lupa bawa margarim (mentega) kalau mau bawa kecap, saos silahkan
8. Makan favorit mu, kalau saya selalu membawa marie susu sebagai cemilan saya selama di jalan. ada temen saya yang suka bawa tim tam, ada juga yang suka bawa madu rasa.
Oh iyaa. LUPA
Saya tidak akan membawa pendaki yang memiliki Riwayat penyakit  sebagai berikut :
1. Alergi dingin
2. Takut ketinggian
3. ASMA
4. Mudah pingsan
5. Sakit Jantung
6. Segala macam penyakit hati.
Penanggung jawab Persiapan anggota dan TIM 
Tentukan penanggung jawab setiap tim, agar mudah koordinasi setiap anggota. akan sangat sulit jika 1 orang harus mengkoordinasi 6 – 8 orang.. apa lagi untuk masa persiapan karena sangat manusiawi ketika ada seseorang yang tidak ingin repot tapi ingin senang.
terakhir saya harap teman2 sudah paham tentang ETIKA dan aturan bermain di Alam..
Kita tidak dapat menerka kehendak alam, yang kita dapat lakukan adalah mempersiapkan segalanya dengan baik, cermat, dan penuh perhitungan.. Kemungkinan terburuk bisa saja terjadi dan kita tidak ingin semua itu terjadi karena kelalaian kita.. KITA BERTANGGUNG JAWAB ATAS KESELAMATAN TEMAN KITA LAINYA, KARENA KITA MENDAKI BERSAMA BUKAN SENDIRIAN… 
Teman pendakian yg baik adalah tim SAR paling dekat dengan kita ketika terjadi sesuatu hal yg tidak di inginkan, ketika melakukan pendakian.
Semoga dapat dimengerti,.
salam lestari ^_^
Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *