Kompor adalah salah satu peralatan wajib yg harus di bawa ketika mendaki gunung. Fungsi utama kompor yg pasti adalah untuk memasak, selain itu kompor juga bisa di gunakan sebagai media penghangat ketika mengalami kedinginan. Begitu besarnya peran kompor dalam kegiatan outdoor hingga menjadi suatu kendala jika kompor yg dibawa tidak dalam kondisi yg siap pakai. Masalah kecil yg sering dialami ketika menggunakan kompor adalah tidak berfungsinya pemantik api, sehingga perlu menggunakan bantuan alat lain berupa korek api agar dapat menyulut gas hingga terbakar.

Ada bebarapa hal yg menyebabkan pemantik api tidak bisa gunakan. Pertama, pemantik dalam keadaan lembab atau basah, sehingga percikan aliran listrik dari pemantik tidak dapat keluar. Kedua baterai yg terdapat di rangkaian pemantik tersebut sudah habis atau tidak bertenaga lagi. Ketiga, pemantik tertutup lemak atau sisa-sisa masakan.

Untuk memperbaikinya cukup mudah, jika pemantik tersebut basah cukup dilap dan dikeringkan. Jika pemantik tampak kotor dan berminyak segera bersihkan dengan tisu atau lap kering. Lain halnya jika pemantik tersebut sudah rusak yg disebabkan karena kehabisan baterai atau karena kesalahan penggunakan, tentu kita harus membongkar dan mengganti pemantik yg rusak dengan pemantik yg baru.

Kompor Gunung Wind Proof
Korek Api Cricket Merk M2000

Kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara memperbaiki pemantik kompor gas gunung yg rusak. Pemantik kompor ini rusak karena kehabisan daya baterai, oleh sebab itu saya memilih untuk langsung mengganti pemantiknya dengan pemantik yg baru.

Pertama, kita harus  mempersiapkan peralatan yg di butuhkan. Cukup sediakan obeng dan tang serta pisau lipat saja, jika ada multitools itu lebih baik karena lebih simple, all in one soalnya. Selain itu sediakan pemantik yg baru. Untuk pemantik yg baru, saya mengambilnya dari korek api m2000, kenapa korek ini? Sebenarnya banyak sih korek pemantik elektrik (korek api cricket)  di pasaran, namun dari beberapa yg sudah saya coba, ternyata pemantik dari korek m2000 ini lah yg paling pas dengan pemantik kompor gas gunung. Jika semuanya sudah siap, mari kita bongkar komporya.

Setelah semua komponen kompor di pisah pisah, silahkan di bersihkan terlebih dahulu.

Ini lah bentuk kompor gunung saya setelah lama tidak dibongkar, dan akhirnya rusak ketika di pinjam oleh teman saya.
Braket pematik kompor gunung.

Nah ini lah bentuk dari pemantik kompor gas saya, pemantiknya terpasang di braket pemantik kompor, jadi kita harus membuka nya terlebih dahulu. Setelah di buka kita akan menemukan sebuah benda kecil berwarna hitam, bukan Black Box pesawat terbang lhooo.. Ini adalah pemantik api, kalau kalian pernah ngagetin teman kalian menggunakan alat ini, berarti kita seumuran.. hahaha

Jika sudah ketemu silahkan langsung di ganti dengan pemantik dari korek m2000 yg sudah di siapkan. Perlu sedikit cermat dan teliti dalam pemasanganya, karena tanpa Teknik yg tepat akan sulit sekali memasang braket pemantiknya di kompor.

Pematik Korek Api Cicrket untuk mengganti pematik kompor gunung.

Jika pemantiknya telah dipasang, kita tinggal merakit kembali kompor gas seperti sediakala, ingat jangan sampai ada baut yg tertinggal.

Oh iyaa, jika kaki kaki atau mounting tabung gasnya kendor bisa sekalian di kencangkan baut-baut yg menjadi penguat nya. Pokoknya dibikin nyaman aja kompornya sesuai dengan selera masing masing, biar sewaktu digunakan untuk memasak tidak rewel. Haha

Pematik kompor yg sudah di pasang kembali ke body kompor gas.

Hal terakhir yg perlu disiapkan ketika kompor sudah di rakit adalah nesting, air, mie instan dan telur. Kemudian coba nyalakan kompor tersebut, lalu letak kan nesting yg udah diisi air di atas kompor yg sudah menyala, tunggu hingga air mendidih. Masukan telur dan tunggu beberapa saat sampai telur setengah matang, jika sudah, masukan mie instan ke dalamnya. Sesekali di aduk agar air tidak tumpah, jika sudah cukup matang matikan api kompor. Masukan bumbu mie instan, dan aduk rata. Selamat menikmati, jika mie instannya berhasil matang, berarti kompor kalian sudah bisa di gunakan, jika mie nya tidak enak, berarti kalian yg gak bisa masak.. hahahhahaha

Selamat mencoba…

 

 

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *