Fire starter flints

Bicara tentang survival tak ada batasanya, baik tentang bagaimana membuat tempat perlindungan, mendapatkan air, hingga mendapatkan makanan. Berbagai macam teknik yg tercipta berdasarkan pengalaman masing-masing individunya ketika menghadapi kondisi dimana ia harus melakukan sesuatu demi kelangsungan hidupnya. Seorang survivor hebat tentu orang yg mempunyai mental yg positif serta pengetahuan dan pengalaman yg memumpuni, serta mau berbagi pengalamannya kepada khalayak ramai.

Survivor harus memiliki banyak pengetahuan tentang berbagai macam teknik dan peralatan yg dapat digunakan untuk dapat membantu menyelamatkan dirinya menghadapi keadaan. Salah satu teknik yg penting adalah membuat api. Api merupakan salah satu unsur penting dalam praktek bertahan hidup. Selain untuk memasak api berguna untuk menghangatkan tubuh, serta pencegahan terhadap serangan hewan liar.

Ada banyak teknik dan pertatan yg dapat di gunakan dalam membuat api. Seperti dengan menggesekan seutas rotan, atau sebatan kayu kecil secara cepat dan konsisten ke kayu lainya. Atau bisa dengan menggunakan bantuan cahaya matahari. Selain itu dapat pula menggunakan percikan dari dua buah batu. Di jaman yg semakin modren ini, berbagai macam alat untuk membuat api telah diciptakan. Semisal korek api.

Meskipun praktis, korek api bukanlah sesuatu yg tangguh jika terpaksa di bawa pada medan yg basah. Korek api yg basah atau lembab akan sulit untuk dinyalakan. Belum lagi korek api berbahan bakar gas, memiliki kemungkinan pecah dan mengalami kebocoran gas jika terbentur benda keras seperti batu. Sebagai alternatif dari korek api, ada fire starter, sebuah alat kecil yg terbuat dari ferrocerium – magnesium yg jika di gesek akan menimbulkan percikan api yg dapat digunakan untuk membakar benda2 kering, seperti daun, serabut, tisu, dll.

Fire starter flint, merupakan salah satu dari sekian banyak peralatan survival yg sekiranya wajib mendapatkan tempat di ransel kalian. Alat mungil ini sudah mulai banyak dijual di pasar outdoor indonesia dengan aneka jenis bentuk dan harga. Fire starter lebih sering di definisikan sebagai magnesium, namun sebenarnya tidak hanya itu. Fire starter terbuat dari ferrocerium (paduan peroforik dan cerium) atau kita lebih mengenalnya dengan batu korek. Pada fire starter biasanya terbuat dari full Ferrocerium atau gabungan antara magnesium dan ferrocerium, percikan yg di hasilkan dari gesekan stiker ke ferrocerium ini lah yg akan menyalakan serbuk magnesium, hingga menimbulkan percikan api yg lebih besar. Fire starter yg terbuat dari ferrocerium dan magnesium cendrung lebih mudah di gunakan daripada firestarter yg full ferrocerium.

Cara penggunaan fire starter pada tisu.

Cara penggunaan fire starter ini cukup mudah, kita hanya perlu menggesekan stiker atau semacam plat besi ke batang firestarter hingga menimbulkan percikan api, lantas percikan api tersebut di arah ke benda yg mudah terbakar seperti sabut, serbuk kayu kering, tisu dll. Yg pasti jangan coba di kasur kamar kalian. Hahaha..

Jika berminat, dengan fire starter ini.. Bisa klik di sini > Fire starter flint.

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *